Rabu, 29 Februari 2012

Tips Menghemat Baterai dan Merawat Baterai Laptop/Notebook Dengan Benar

Baterai laptop / notebook seperti ini memang harus benar-benar dirawat dengan baik dan benar, dan biasanya untuk orang awam bingung merawat baterai dan tanpa mereka sadari baterai tersebut dibiarkan habis begitu saja, dampak baterai yang sering dibiarkan habis itu akan merusak baterai itu sendiri, makanya dari itu, ane akan share cara merawat baterai dengan benar, karena pengalaman pribadi ni, notebook ane juga pernah rusak, karena gara2 baterai sering dibiarkan habis, untung masih garansi, tapi jika tidak, otomatis harus beli baru dan harganya juga relatif lebih mahal sekitar 500 ribu - 1 jutaan, wow mantaap mahalnya, hehe, oke daripada banyak cakap, nyok kita baca tips cara merawat dan menghemat baterai :
  1. aplikasi - aplikasi yang tidak penting di non-aktifkan saja di startup, caranya tekan tombol windows di keyboard + R. tuliskan "msconfig" tanpa kutip, udah gitu pilih tab startup dan non-aktifkan aplikasi yang tidak penting, setelah itu klik ok dan klik restart later.
  2. jangan aktifkan gadget di notebook / laptop, bila perlu gantilah tema ke windows classic atau windows 7 basic ( khusus windows 7 ). untuk windows xp gantilah tema ke windows classic bila perlu.
  3. matikan / disable kan wi-fi, webcam, modem usb jika tidak digunakan, dan jangan terlalu lama mencolokkan flashdisk atau perangkat usb lainnya, karena itu juga dapat memboroskan baterai, bila perlu, coloklah flashdisk atau perangkat usb lainnya seperlunya.
  4. pilihlah power plan battery ke power saver khusus windows 7, kalo windows xp pilihlah power plan battery ke portable/laptop.
  5. ini yang paling penting, jangan sampai sisa baterai mencapai 10% ke bawah, sebab itu menyebabkan rawan baterai rusak, dan disarankan sisa baterai maksimal 12% ke atas dan di sarankan sisa baterai 15%-20% , setelah itu baru di-charge sampai 100% atau fully charge atau sampai lampu indikator baterai di laptop berubah warna, dan batas charger baterai maksimal 8 jam.
  6. jika bepergian, disarankan melepaskan baterai laptop dan jika menggunakkan laptop dalam waktu lama, disarankan jangan dilepaskan baterai tersebut, sebab jika terjadi mati listrik lalu baterai laptop tidak dipasang, maka akan rawan kerusakan hardware dan komponen laptop dan juga bisa menyebabkan pengunci baterai bisa kendor, jadi kalo mau aman, tetaplah pasang baterai laptop sambil di charge sampai penuh, setelah penuh atau lampu baterai laptop berubah warna, boleh dicabut charger nya dan habiskan baterai seperti yang di sarankan no. 5.
Nah segitulah tips yang ane share, semoga bermanfaat ya :)

0 komentar:

Anti Klik Kanan

Pengikut